Pollen Bisaccate

Pollen atau serbuk sari dari pohon konifer seperti pinus, cemara, dan Podocarpus mempunyai serbuk sari yang bentuknya berbeda dengan bentuk pollen yang lain. Pollen dari kelompok ini terdiri dari badan utama dengan dua sayap terpasang.

160aKeterangan Gambar :

  1. lebar total
  2. lebar saccus
  3. lebar corpus
  4. lebar cappula
  5. saccus offlap
  6. panjang saccus
  7. panjang corpus
  8. saccus onlap

Serbuk sari yang dihasilkan oleh pohon-pohon konifer akan membuat tanah dan badan air terdekat dapat berwarna kuning keemasan dengan kehadiran butir pollen jumlah produktif seperti selama musim penyerbukan. Penyerbukan pohon konifer tergantung pada penyebaran biji-bijian ini dengan angin. Sayap atau saccus/vesiculate memungkinkan butir melakukan perjalanan jauh di udara. Dalam rekaman jejak fossil bisaccate pollen kemungkinan mulai muncul dari Devonian dengan resen.

Podocarpus imbriatus (Dacrycarpidites imbriatus)

Ciri utama mempunyai tiga saccus, ukuran 45-60 μm, badan utama reticulate halus dan saccus reticulate kasar.

Podocarpus imbricatus merupakan satu satunya konifer anggota dari Podocarpus di daratan Mallesian Barat. Dacrycarpus merupakan jenis pollen yang berbeda dengan anggota Podocarpus lainnya, pollen ini mempunyai 3 saccus/ sayap. Pollen yang bersayap 3 juga terdapat di kelompok Microcachrys. Dacrycarpus mempunyai ukuran keseluruhan yang lebih kecil dan dan mempunyai sayap/saccus yang relatif lebih kecil.

Podocarpus imbriatus merupakan pohon yang dapat mencapai 50 m dan biasanya hidup diatas ketinggian 1000 diatas permukaan laut (m dpl) meski di beberapa daerah hidup pada ketinggian 170 m diatas permukaan laut. Tumbuhan ini sering menjadi tumbuhan yang dominan pada hutan pegunungan dengan ketinggian diatas 1500 m dpl misalnya daerah Kerinci dan gunung Gede Pangrango. Di daerah Kerinci Podocarpus imbricatus hidup terbatas pada Hutan pegunungan Atas (Upper Montane Forest).

 Pinus merkusii (Pinaceae).

Mempunyai dua saccus/vesiculate atau sering disebut sayap, ukuran panjang 50-60 μm saccus reticulate berukuran lebih kecil dari badan utama, badan utama reticulate dengan bagian pinggir jelas.  Sayap hemispherical, dengan ukuran yang lebih kecil daripada badan utama. Ornamentasi retikulat di sayap lebih halus dibandingkan dengan Podocarpus spp.

%Accumulated%=0Tumbuhan ini (termasuk famili Pinaceae) dapat ditemukan sebagai hutan produksi sekarang di hampir seluruh bagian Mallesian Barat (Malaysia, Jawa, Sumatra, Filipina).  Pinus merkusii merupakan pohon dengan diamater sedang sampai besar dan tinggi pohon dapat mencapai 25-45 meter.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*