Foraminifera

Foraminifera merupakan kelompok hewan bersel satu (amoeba) termasuk dalam Filum Protozoa dan Kelas Sarcodina yang hidup di laut atau marine. Foraminifera tidak berflagella tapi mempunyai pesudopodia sebagai perpanjangan dari protoplasmanya dan berfungsi untuk menangkap makanan, sebagai jangkar untuk menempel pada substrat dan untuk berpindah tempat atau lokomosi. Hampir semua foraminifera hidup di lingkungan laut yang berbeda-beda kondisinya dan hanya sebagian kecil yang diketahui hidup di air tawar. Mulai dari lingkungan laut dangkal hingga laut dalam sampai batas CCD atau Calcium Carbonate Compensation Depth.  Hampir sebagian besar foraminifera merupakan benthonik foraminifera dan sisanya berupa planktonik.hidup kumpulan foraminifera telah digunakan sebagai bioindikator dalam lingkungan pesisir, termasuk indikator kesehatan terumbu karang. Karena kalsium karbonat rentan terhadap pembubaran dalam kondisi asam, Foraminifera dapat sangat dipengaruhi oleh perubahan iklim dan pengasaman laut.

foram2Hewan ini mempunyai cangkang yang disebut dengan test yang umumnya terbuat dari bahan kalkareus yang biasanya kalsium karbonat (CaCO3), bahan organik, silika atau agglutinated yang berupa partikel sedimen asing disekitarnya yang tersemenkan.  Cangkang foraminifera ada yang terdiri dari satu ruang (satu kamar) sampai yang terdiri dari banyak ruang (banyak kamar) dan membuat struktur yang rumit, tapi hal inilah yang membuat perbedaan dalam klasifikasi dan identifikasi foraminifera.  Ukuran cangkang yang bervariasi mulai dari kecil sekitar 1 mm sampai yang berukuran besar 1 cm (Larger foram).  Lubang atau bukaan diantara kamar cangkang foraminifera sebagai tempat keluar pseudopodia disebut dengan apertur.

Cangkang foraminifera yang bermacam-macam berguna untuk melindungi diri dari pemangsa, sebagai pembatas dengan kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan, sebagai tempat untuk material yang dikeluarkan, sebagai alat bantu dalam reproduksi, untuk memudahkan dalam perpindahan organisme dan sebagai alat bantu dalam pertumbuhan sel.

Dalam studi laboratorium, siklus hidup foraminifera bentonik adalah hablo-diplophasic.  satu generasi foraminifera adalah haploid dan generasi berikutnya adalah diploid.  Foraminifera dengan kondisi haploid disebut gamonts, itu adalah hasil pembelahan inti sel yang masing-masing menghasilkan sel gamet (sel kelamin tidak dibedakan).  Penggabungan atau proses fusi dari dua sel gamet akan menghasilkan individu yang bersifat diploid yang disebut skizon,  yang merupakan multinukleat dan mereproduksi melalui mitosis. Setelah meiosis dan pembagian sitoplasma di sekitar masing-masing inti, skizon menghasilkan gamonts baru. Pada foraminifera planktonik, tidak ada dimorfisme dan mungkin ada reproduksi aseksual sesuai dengan daur hidup foraminifera planktonik.

Faktor-faktor lingkungan (ekologi) yang mempengaruhi kehidupan dari foraminifera antara lain adalah temperatur atau suhu lingkungan, salinitas atau kadar garam, kedalaman, nutrisi atau bahan makanan, substrat, pH, trace elelemen, turbiditas atau kekeruhan air, intensitas Cahaya, kadar oksigen, kadar CaCO3, kandungan zat organik substrat, arus dan pasang  surut dan faktor-faktor ekologis yang lain.

foram1Perhatian secara geologi terhadap foraminifera adalah fungsi produktivitas besar.  Hewan ini hidup dalam kolom air secara keseluruhan. Konsentrasi populasi foramninifera terbesar ditemukan pada kedalaman 10 sampai 50 meter.  Jumlah populasi foraminifera hidup berkisar pada angka dari 1-200 per m2 dekat permukaan lautan. Sekarang baik individu dan spesies foraminifera akan dijumpai secara lebih berlimpah di perairan hangatBeberapa ribu spesimen mungkin terkandung dalam satu gram sedimen.

Kumpulan foraminifera hidup/resen telah digunakan sebagai bioindikator dalam lingkungan pantai, termasuk indikator kesehatan terumbu karang. Karena kalsium karbonat rentan terhadap pelarutan dalam kondisi asam, Foraminifera dapat sangat dipengaruhi oleh perubahan iklim dan proses pengasaman laut.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*