Material Organik Palynology

Material organik dalam palynology dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok yang pengkategorian itu didasarkan pada asal dan bahan pembentuk dari material organik tersebut.  Asal dan jenis bahan dan bagaimana proses terjadinya bahan material organik tersebut dapat memberikan gambaran dari lingkungan pengendapannya.

Kelompok Amorphous Organik Matter (AOM).

Amorphous Organik Matter terdiri dari partikel yang tidak mempunyai struktur yang diamati dibawah mikroskop cahaya. Kelompok ini terdiri dari:

  1. AOM yang berasal dari fitoplankton atau degradasi dari bakteri,berwarna kuning-  orange-merah; oranye-coklat; abu-abu, homogen dengan bercak, bentuk dasar datar, irregular, bersudut angular, butiran membundar elongated/bentuk oval.
  2. Resin yang berasal dari tumbuhan tingkat tinggi hutan tropis atau sub tropis,  partikel tidak berstruktur, hyalin, homogen, non-floresen, membundar, tajam hingga tepi yang memanjang.

20130411_085342

Kelompok Fitoklast (Phytoclast).

Kelompok phytoclast terdiri dari struktur partikel. Kelompok ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu: opaque dan translucent. Kelompok opaque terbagi menjadi opaque equidimensional (O-Eq) dan opaque lath (O-La). Kelompok translucent terbagi menjadi : hifa jamur, trachea kayu dengan lubang terlihat, trachea jayu dengan lubang tak terlihat, cuticle (kutikula) dan membran.

Tyson (1995) menyatakan pembagian komponen phytoclast dapat dibagi menjadi komponen vitrinite dan inertinite. Vitrinite berasal dari  bagian dari jaringan tumbuhan atau sama dengan tranlucent material sedangkan inertinite merupakan bagian dari tumbuhan yang teroksidasi dan terdegradasi menjadi opaque material. Secara umum pembagian komponen vitrinite dan inertinite lebih dikenal pada geokimia

Untitled-1 copyKelompok Zooklast (Zooclast).

Kelompok ini terdiri dari pecahan yang berasal dari hewan. Fragmen zooclast termasuk debris eksoskeletal arthropoda, dinding dalam organik dari cangkang bivalvia dan karapak ostracoda.

Kelompok Palinomorf (Palynomorphs).

Kelompok palinomorf terbagi lagi menjadi kelompok sporomorf yang terdiri dari butir polen dan spora dan kelompok fitoplankton yang terdiri dari dinding dalam mikroplankton dan kelompok zoomorf yang terdiri dari dinding dalam foraminifera (Foraminifera Test Lining), Scolecodont dan Dynoflagellate Cyst.

20120713_112845

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*