Alergi pollen

Jika anda keluar rumah kemudian tiba-tiba anda mengalami bersin, hidung tersumbat, keluar cairan bening dari hidung, merasa gatal pada mata, hidung dan tenggorokan kemudian mata berair. Itu tanda-tanda anda terserang alergi.

Bagi kita yang hidup di Indonesia atau daerah tropis lain mungkin kita punya ketahanan tubuh yang lebih, mungkin karena di daerah kita pohon berbunga sepanjang tahun sehingga kita mempunyai pertahanan tubuh sendiri. Tapi bayangkan orang yang hidup di daerah dengan 4 musim, yang suatu ketika semua tumbuhan akan berbunga, indah memang tapi tetap juga akan perpengaruh pada tubuh manusia. Maka mulai dari itu kita akan belajar tentang alergi di sini untuk membantu Anda memahami pemicu dan gejalanya.

Apakah alergi itu ?
Alergi adalah suatu sistem sensitivitas kekebalan tubuh untuk sesuatu yang masuk ke dalam tuguh kita yang biasanya tidak berbahaya . Ketika tubuh Anda mencoba untuk menyingkirkan ‘alergen’ (zat asing). Alergen khas termasuk bulu hewan peliharaan, serbuk sari, tungau debu, dan jamur.

Bagaimana Pollen dan partikel penyebab Alergi tersebar ?
Selama musim serbuk sari, tanaman seperti ragweed, Cattail, dan pohon maple, melepaskan serbuk sari mereka untuk memulai proses reproduksi mereka dengan tanaman terdekat dari spesies mereka. Hal ini meningkatkan kadar serbuk sari di sekitarnya. Serbuk sari yang dibawa oleh angin, karena itu tidak semua dari mereka mencapai target mereka, dan sebagai gantinya mereka mendarat di orang. Inilah sebabnya mengapa serbuk sari sering hadir di udara yang kita hirup.

Alergi Rhinitis (biasa disebut Hay Fever) adalah reaksi yang disebabkan oleh menghirup partikel udara, seperti serbuk sari. Ini disebut alergen. Dari lebih dari 67 juta orang Amerika yang menderita alergi, 24-40000000 menderita alergi udara, seperti demam.
Alergi ini disebabkan oleh: serbuk sari, bulu hewan peliharaan, partikel debu, dan spora jamur.

Di luar ruangan : alergi musiman

Alergi Rhinitis Musiman terjadi selama periode berbunga tertentu selama musim serbuk sari saat tanaman menumpahkan serbuk sari mereka. Secara umum, pohon bunga di musim semi, rumput di musim panas dan gulma di musim gugur.
Perkiraan serbuk sari yang memperhitungkan cuaca adalah sinyal penting – serbuk sari tidak dapat melakukan perjalanan dalam hujan. Perkiraan serbuk sari adalah alat yang ampuh untuk memprediksi hari serbuk sari yang tinggi.

Alergi musiman menjelaskan alergi yang berubah dengan musim karena serbuk sari dari tanaman. Alergen ini bisa sulit untuk dikelola karena tampaknya seperti mereka di mana-mana dan mereka sulit untuk menghindari. Bagi orang-orang dengan alergi musiman, gejala datang dan pergi dengan musim penyerbukan pohon tertentu, rumput atau gulma. Tingkat serbuk sari dari tanaman ini dapat bervariasi dari hari ke hari, tergantung pada beberapa faktor, termasuk cuaca. Tingkat serbuk sari yang tinggi dapat, pada gilirannya, mempengaruhi keparahan gejala.

Dalam ruangan : alergi menahun

Rhinitis menahun di sisi lain, ditandai gejala alergi sepanjang tahun ini. Kebanyakan gejala yang disebabkan hewan peliharaan ketombe, debu, dan jamur. Ramalan cuaca akan berbuat banyak untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk gejala-gejala ini.

Alergi dalam ruangan dapat terjadi setiap saat sepanjang tahun dan disebabkan oleh zat-zat seperti tungau debu, spora jamur, atau bulu hewan peliharaan. Alergen ini bisa sulit untuk mengelola, terutama karena mereka cenderung ada di rumah kita sepanjang tahun. Karena Anda sering di dalam ruangan selama musim dingin, alergen rumah tangga seperti jamur, tungau debu, dan bulu hewan peliharaan dapat mengganggu.

Alergi polen

Alergen outdoor, seperti serbuk sari, adalah penyebab alergi musiman. Mereka kecil, ringan, dan kering, sehingga angin bisa membawa mereka untuk jarak jauh. Tingkat serbuk sari dapat bervariasi sehari-hari, tergantung pada beberapa faktor, termasuk cuaca. Ragweed merupakan penyebab kuat dan luas gejala alergi serbuk sari. Lebih dari 1.200 spesies rumput, penyebab utama alergi adalah Timotius, Johnson, Bermuda, biru umumnya melepaskan serbuk sari dari akhir musim semi sampai musim gugur. Ketika datang ke pohon, hati-hati untuk kayu daun pohon – birch, oak, elm, maple, ash dan alder. Pohon-pohon ini umumnya menyerbuki dari akhir musim dingin untuk akhir musim semi, tergantung pada lokasi geografis Anda.

Tips untuk menghindari alergi polen antara lain :

  • Liat waktu anda keluar.  Puncak produksi polen biasa pada pagi hari, jadi rencanakan kegiatan kita pada waktu yang lain.
  • Memakai masker penutup.  Memakai masker di kebun atau di kegiatan luar rumah sangat membantu mengurangi alergi.
  • Mengganti pakaian.  Segera mandi dan berganti pakaian dapat menghilangkan polen di rambut atau pakaian kita ketika kita beraktifitas di luar.
  • Ganti udara AC mobil ketika berkendaraan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*